Chat Whatapp Send Email

Newest Info

Berita, info dan pengumuman terbaru berkaitan dengan perkembangan teknologi

Istilah istilah dalam bidang UI/UX

30 Oktober 2017 | Dwinawan Hariwijaya via medium
post image

Mungkin kamu sering mendengar tentang istilah istilah seperti whitespace, wireframe, high fidelity dan banyak lainnya. Kali ini kita akan membahas satu persatu istilah yang sering digunakan di industri ui/ux. Yuk kita bahas satu persatu :D Ruang kosong diantara elemen elemen (button, teks, menu, icon, gambar, dll) yang berfungsi untuk membuat design terlihat lebih lega dan membuat elemen lain terlihat lebih menonjol . Anda bisa lihat di gambar di bawah ini. Yang bertanda merah adalah contoh contoh whitespace. Sumber: https://dribbble.com/shots/3454788--Exploration-Do-It-Yourself-Tutorial-App Digunakan untuk menyusun tata letak awal dalam suatu design. Wireframe bisa berbentuk gambar menggunakan spidol ataupun menggunakan software (Photoshop, Sketch, dll) Contoh… Perusahaan A akan membuat sebuah website yang akan mengguncang dunia. Mereka berdiskusi apa saja konten dan fitur yang akan ditaruh di halaman awal. Setelah memutuskan apa saja fitur dan kontennya mereka mulai membuat gambaran dengan pena dan spidol kira kira konten X diletakan di mana, fitur Y diletakan dimana. Gambaran itulah yang disebut dengan wireframe. Contoh Contoh Wireframe | Sumber: dribbble.com Arti kata fidelity sendiri adalah presisi. Maka Low Fidelity adalah design yang tingkat presisi nya masih rendah. Tingkat presisi ini bisa dilihat dari segi warna, ukuran teks dan tombol, jarak antar elemen, dll. Low Fidelity sendiri sering disebut sebagai wireframe karena tingkat presisi nya masih rendah dan memang bertujuan untuk menentukan tata letak. Sedangkan High Fidelity adalah design yang tingkat presisinya tinggi. Sudah memiliki warna, ukuran , jarak dan bentuk elemennya juga sudah dibuat dengan tingkat presisi dan akurasi yang detail. Sumber: https://dribbble.com/shots/2839820--Exploration-Website-Interview Adalah konten yang terlihat oleh user saat pertama kali membuka website atau app tanpa user harus menscroll kebawah. Bagaimana caranya untuk memberikan likes pada foto orang di Instagram? Anda mengetahuinya? apakah mudah dilakukan?. Bagaimana caranya untuk memposting foto di Instagram? Anda mengetahuinya? apakah mudah dilakukan?. Bagaimana caranya membalas email pada gmail? Anda mengetahuinya? apakah mudah dilakukan? Saat manusia menggunakan sesuatu entah itu buku, mesin, komputer ataupun aplikasi, manusia pasti akan melakukan interaksi. Jika menggunakan buku pasti akan membalik halaman, jika menggunakan mesin atau komputer pasti akan memencet sesuatu. Tingkat kemudahan dalam berinteraksi inilah yang disebut usability. Maka jika kita menggunakan produk dan mudah digunakan maka produk tersebut memiliki usability yang mudah dipahami, begitupun sebaliknya. Adalah tes untuk mengetahui tingkat kemudahan suatu produk. Tes ini biasanya membutuhkan produk/prototype produk, tester dan researcher. Tester akan diberikan sejumlah task (contoh: memesan tiket bioskop melalui produk/prototype yang diujikan) lalu researcher akan mengamati bagaimana tester menggunakan produk tersebut. User Flow…. IndonesiaIT 2017, [...], Artikel ini di ambil dari feed medium, untuk pengalaman baca yang lebih baik, silahkan kunjungi situ aslinya. IndonesiaIT - Software Developer Terbaik. Baca Selengkapnya.