Newest Info

Berita, info dan pengumuman terbaru berkaitan dengan perkembangan teknologi

Tentang User Research

06 Februari 2019 | Dwinawan via medium
post image

Bayangkan kamu sedang mencari kos kosan. Apa yang akan pertama kali kamu lakukan? Enggak mungkin kamu akan langsung menuju rumah yang bertuliskan “Terima Kost” , ketuk pintu, ketemu yang punya kos dan langsung bayar. Asumsi saya, pertama kali kamu akan mencari daerah yang nyaman. Anti Banjir, Anti Kriminalitas. Setelah itu, kamu akan mencari daerah yang dekat dengan ATM, dekat dengan Indomaret, dekat dengan tempat makan dan dekat dengan akses kendaraan umum seperti bus atau angkot. Jika sudah menemukan daerah seperti itu, barulah kamu akan mencari cari apakah disitu ada kos-kosan atau tidak. Ketika ketemu suatu kos kosan pun, kamu tidak akan langsung membayarnya. Kamu akan melihat lihat kos kosan nya terlebih dahulu. Mencari tahu apakah kamarnya luas, apa saja fasilitasnya, berapa biayanya. Kalau tidak cocok, kamu akan mencari kos kosan lain nya. Proses mencari kos kosan itu dinamakan dengan Research atau bahasa Indonesia nya Riset. Semacam proses untuk mengumpulkan data dengan tujuan untuk mencari kos kosan paling ideal sesuai dengan budget dan kebutuhan. Research sendiri adalah proses untuk mengumpulkan data. Maka User Research adalah proses untuk mengumpulkan data dari user. Mari kita gunakan contoh lain… Minggu depan teman mu akan berulang tahun. Karena dia teman baik, maka kamu akan memberikannya hadiah. Tapi kamu bingung apa hadiah yang cocok untuk dia. Akhirnya kamu mencari tahu apa kesukaan temenmu dengan bertanya ke keluarga nya, bertanya ke temen temen dekatnya, mencari tahu atau kepo di social media nya. Akhirnya kamu tahu bahwa ternyata dia suka koleksi Gundam. Akhirnya kamu memberikan nya hadiah gundam. Apa yang baru saja kamu lakukan adalah User Research, untuk mengumpulkan data apa yang menjadi kesukaan temenmu, dengan tujuan agar kamu bisa membelikan kado yang pas untuk temenmu. Pada suatu hari sebuah perusahaan akan membuat sebuah aplikasi streaming musik. Sebelum memulai mendesign, tim mempelajari dulu bagaimana kebutuhan bisnis dari aplikasi streaming tersebut. Bagaimana gambaran besar dari aplikasi tersebut, Apa goal dari aplikasi tersebut, Bagaimana strategi untuk memperoleh profit / keuntungan. Setelah mengetahui beberapa hal tersebut, tim melanjutkan dengan melakukan user research. User research yang pertama kali dilakukan oleh team adalah mencari tahu bagaimana pola masyarakat dalam mendengarkan musik. Mereka mencari tahu kapan masyarakat mendengarkan musik, bagaimana masyarakat memilih musik, apa musik yang sering di dengarkan. Hasil dari user research ini nantinya akan menjadi panduan tim dalam mendesain aplikasi. Sehingga akan tercipta design yang relevan untuk masyarakat. Contohnya… Masyarakat sering mendengarkan musik yang juga di dengarkan oleh teman nya. Maka di…. IndonesiaIT 2019, [...], Artikel ini di ambil dari feed medium, untuk pengalaman baca yang lebih baik, silahkan kunjungi situ aslinya. IndonesiaIT - Software Developer Terbaik. Baca Selengkapnya.